Rekrutmen Panwascam, Syaifulloh: Yang Penting Berintegritas

Ponorogo (ponorogo.bawaslu.go.id) Badan Pengawas Pemilihan Umum Kabupaten Ponorogo akan segera membuka pendaftaran Panitia Pengawas Pemilihan Kecamatan (Panwascam) untuk mengawasi penyelenggaraan Pilkada Kabupaten Ponorogo tahun 2020.

Hal tersebut disampaikan Muh.Syaifulloh, Ketua Bawaslu Kabupaten Ponorogo saat ditemui di ruang kerjanya, Sabtu (9/11).

Pria yang sekaligus membidangi divisi SDM itu juga menjelaskan, bahwa pengumuman pendaftaran akan diumumkan pada 13 November 2019.

“Hal tersebut berdasar pada Keputusan Ketua Bawaslu RI Nomor 0883/K.BAWASLU/KP.01.00/XI/2019 tentang pedoman pelaksanaan pembentukan Pengawas Kecamatan tahun 2019” ungkapnya.

Lebih lanjut dirinya menjelaskan calon anggota Panwascam harus memenuhi syarat, diantaranya sehat jasmani dan rohani serta tidak pernah menjadi anggota partai politik atau tim kampanye pada suatu pemilihan atau telah mengundurkan diri sedikitnya 5 tahun saat mendaftar.

Integritas, mentalitas, soliditas, serta profesionalitas merupakan hal penting yang juga harus dimiliki calon Pengawas Pemilihan (Muh.Syaifulloh)

Selain itu menurutnya Integritas, mentalitas, soliditas, serta profesionalitas merupakan hal penting yang juga harus dimiliki calon Pengawas Pemilihan.

“Integritas dalam arti mampu bekerja sesuai dengan apa yang dikatakan dan apa yang diamanahkan. Mentalitas berarti memiliki mental yang kuat, dan tidak mudah menyerah dalam kondisi apa pun, memiliki profesionalitas tinggi dalam menjalankan tugas sesuai tupoksi kerjanya, serta mampu menjaga soliditas yakni mampu bekerja secara tim dan kolektif dalam melakukan tugas pengawasan untuk wujudkan tegaknya demokrasi, sebagaimana diamanatkan UU serta asas-asas pemilihan.” Sebut Syaifulloh.

Mengenai informasi pendaftaran, pria yang akrab disapa Gus Ipul tersebut mengungkapkan, calon pendaftar dapat mengupdate informasinya di laman resmi atau di Fanspage Facebook Bawaslu Kabupaten Ponorogo.

Pilkada serentak sendiri, seperti dilansir dari laman resmi Dirjen Otda Kemdagri, direncanakan bakal dilaksanakan pada hari Rabu, tanggal 23 September tahun 2020.

Editor : Muchtar, Fotografer : Hendra.

459 Views