Kader Pengawas Pemilu Partisipatif, Siap jadi Partner Pengawasan Bawaslu Ponorogo di Pilkada 2020

Ponorogo (ponorogo.bawaslu.go.id) Badan Pengawas Pemilihan Umum Kabupaten Ponorogo menggelar sekolah kader pengawasan Pemilu partisipatif tahun 2019. Kegiatan tersebut diikuti oleh 60 peserta dan berlangsung selama 2 hari, 14 s/d 15 November 2019 di Ngebel Ponorogo.

Anggota Bawaslu kabupaten Ponorogo, Juwaini dalam sambutannya menyampaikan bahwa sekolah kader pengawasan partisipatif merupakan salah satu bentuk konsentrasi Bawaslu dalam melibatkan masyarakat untuk melakukan pengawasan.

“Salah satu kewajiban Bawaslu yakni mempersiapkan keterlibatan masyarakat agar ikut berperan dalam melakukan pengawasan untuk menciptakan kontestasi yang bersih, luber dan jurdil. Target peserta memang usia produktif, hal ini diharapkan agar kader pengawasan bisa lebih berperan dalam melakukan pengawasan demi meningkatnya kualitas nilai demokrasi.” ungkapnya.

Lebih lanjut Koordinator Divisi PHL Bawaslu Kabupaten Ponorogo tersebut menjelaskan para peserta akan dibekali materi kepemiluan, pembangunan karakter, wawasan kebangsaan hingga sejarah pengawasan Pemilu di Indonesia.

“Ilmu yang anda dapat dalam forum ini sangat penting dalam keterlibatan anda sebagai kader pengawas Bawaslu” paparnya sebelum membuka Sekolah Kader Pengawasan Pemilu Partisipatif di Ngebel, Kamis (14/11/2019).

Dirinya pun berharap kepada seluruh peserta sekolah kader pengawasan partisipasif agar dapat mengikuti kegiatan dengan bersungguh-sungguh serta disiplin. Sehingga kedepannya bisa memberikan pendidikan di masyarakat dalam rangka pencegahan pelanggaran dalam Pemilihan Umum.

Editor : Muchtar, Fotografer : Hendra.

388 Views