Cermati Calon Peserta SKPP Daring, Bawaslu Ponorogo Catat Beberapa Temuan

Ponorogo (ponorogo.bawaslu.go.id) Bawaslu Kabupaten Ponorogo melakukan pencermatan terhadap seluruh calon peserta Sekolah Kader Pengawas Partisipatif (SKPP) Daring yang berasal dari Ponorogo, pencermatan tersebut terkait keterpenuhan syarat administratif serta memastikan tidak adanya keterlibatan calon peserta dari politik praktis.

Koordinator Divisi Pengawasan Bawaslu Ponorogo, Juwaini menyatakan bahwa beberapa fokus pencermatan yakni terhadap keterpenuhan usia minimal 17 tahun serta maksimal berusia 30 tahun, tidak sedang menjadi pengurus maupun partisipan Partai Politik dan tidak sedang menjadi penyelenggara Pemilihan.

“Sesuai arahan dari Bawaslu Republik Indonesia agar Bawaslu Kabupaten/Kota mencermati calon peserta SKPP Daring, pencermatan ini bertujuan memastikan bahwa calon peserta benar-benar  memenuhi syarat yang telah ditentukan.” Ungkapnya, Kamis (16/4).

Lebih lanjut pria berlatarbelakang Jurnalis ini menjelaskan dalam pencermatan yang dilakukan, Bawaslu Ponorogo mencatat beberapa temuan yakni ditemukan calon peserta yang terdaftar lebih dari satu kali, peserta yang tidak sesuai syarat umur dan peserta terindikasi Partai Politik.

“Ditemukan peserta yang terdaftar lebih satu kali sebanyak 4 peserta, perserta yang tidak sesuai syarat umur maksimal 30 tahun sebanyak 2 orang, serta peserta terindikasi Parpol sebanyak 2 orang.” Tutur Juwaini.

Ia pun mengungapkan sesuai arahan Bawaslu RI bahwa terhadap calon peserta yang mendaftar lebih dari satu kali, maka akan di anggap MS satu nama, selebihnya TMS. Untuk yang belum memasukan kolom kabupaten/kota, maka calon peserta akan disesuaikan dengan alamat domisili. Berkenaan dengan pendaftar dari kalangan penyelenggara pemilu maka dinyatakan TMS, termasuk yang sedang nonaktif. Bagi pendaftar yang beralamat di luar wilayah administrasi baik karena kuliah atau mondok, maka dinyatakan MS. Sementara peserta di luar syarat umur akan dinyatakan tidak memenuhi syarat (TMS).

Sebagai informasi, sebelumnya Sekolah Kader Pengawas Partisipatif (SKPP) Daring Bawaslu RI antusias diikuti masyarakat, tercatat pendaftar seluruh Indonesia mencapai 20.665 pendaftar. Di Jawa Timur terdiri dari 2.568 pendaftar, sedangkan dari Kabupaten Ponorogo terdapat 88 pendaftar.

Baca juga : Bawaslu Luncurkan Logo SKPP Daring

Editor : Muchtar. Fotografer : Hendra.

247 Views