Pengawas TPS Bertambah, Bawaslu Restrukturisasi Anggaran Pilkada

Ponorogo (ponorogo.bawaslu.go.id) Sekretaris Jenderal Bawaslu Republik Indonesia, Gunawan Suswantoro mengungkapkan bahwa Bawaslu akan melakukan restrukturisasi kebutuhan anggaran pada Pilkada serentak 2020.

Ini di lakukan karena beberapa alasan yakni terdapat penambahan jumlah Pengawas TPS akibat kebijakan politik penambahan jumlah TPS sebagai langkah dalam mendukung protokol kesehatan Covid-19, penyesuaian masa kerja pengawas ad hoc pasca penundaan Panwascam menjadi 9 bulan dan Panwaslu Desa menjadi 7 bulan, serta penyesuaian honorarium pengawas ad hoc sesuai SK Menteri Keuangan tanggal 26 Agustus 2019.

Hal tersebut ia ungkapkan saat mengikuti acara Sosialisasi Permendagri Nomor 41 Tahun 2020 yang di ikuti oleh Pemerintah Daerah, Provinsi, dan Kabupaten/Kota  serta Penyelenggara Pemilu yang akan meyenggarakan Pilkada Tahun 2020 oleh Kemendagri secara daring, Sabtu (20/6).

“Meskipun masih banyak daerah yang belum melakuakan pecairan anggaran hibah mencapai 40 %, diharapkan Pemerintah Daerah untuk segera melakukan pencairan sesuai Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 41 Tahun 2020 agar tidak mengganggu proses pengawasan. “ Ungkapnya.

Dikesempatan yang sama Moch. Ardian, PLT Direktur Jenderal Bina Keuangan Daerah Kementrian Dalam Negeri  menyampaikan ada beberapa substansi yang bisa dikatakan sangat mendasar terhadap Permendagri 41 tahun 2020, mengingat pergeseran jadwal pelaksanaan Pemilihan Umum Serentak Tahun 2020 bahwa  saat ini tidak ada satupun ahli di negara mana pun bisa menjamin kapan pandemi Covid-19 akan selesai.

“Kami mencermati di beberapa negara catatan kami ada 42 negara yang tetap melaksanakan pemilu di era pandemi Covid-19 namun tetap dengan mengedepankan aspek protokol kesehatan.” Terangnya.

Masih kata Ardian, diharapkan Bawaslu dan KPU untuk segera merumuskan secara bersama hal-hal yang perlu dipersiapkan menjelang 9 Desember 2020. “Tentunya juga menyangkut APD yang dibutuhkan oleh penyelenggara ataupun oleh masyarakat.” Tambahnya

Di Ponorogo acara Sosialisasi Permendagri Nomor 41 Tahun 2020 oleh Kemendagri diikuti oleh Ketua Bawaslu Muh.Syaifulloh dan Koordinator Sekretariat Wakhid Purwanto beserta staf.

*Foto Moch. Ardian, PLT Direktur Jenderal Bina Keuangan Daerah Kementrian Dalam Negeri.

Editor : Yudi, Foto : Muchtar.

6.881 Views