Tahapan Coklit, Ini Fokus Pengawasan Bawaslu

Ponorogo (ponorogo.bawaslu.go.id) Tahapan Pilkada serentak tahun 2020 saat ini akan memasuki tahap Pencocokan dan Penelitian (Coklit) Data Pemilih. Sesuai PKPU Nomor 5 tahun 2020 tahapan akan dimulai pada tanggal 15 Juli hingga 13 Agustus 2020.

Dijelaskan oleh Kordiv Pengawasan Bawaslu Ponorogo, Juwaini bahwa pengawasan terhadap pelaksanaan pencocokan dan penelitian ini merupakan hal yang sangat penting, karena selama ini tahapan ini sering menjadi akar permasalahan DPT.

“Untuk itu kita (Bawaslu) harus pastikan dari akarnya dan harus benar-benar extra cermat dalam mengawasi pencocokan dan penelitian data pemilih oleh PPDP.” Ungkapnya saat memimpin rapat koordinasi daring persiapan pengawasan Coklit dengan Panwascam Se-Ponorogo, Senin (13/7).

Dalam melaksanakan pengawasan, Bawaslu juga telah menentukan titik fokus pengawasan, diantaranya memastikan PPDP benar-benar mendatangi langsung rumah pemilih, serta memastikan semua masyarakat yang telah memenuhi syarat sebagai pemilih terdaftar dalam daftar pemilih dan masyarakat yang tidak lagi memenuhi syarat sebagai pemilih dipastikan tidak terdaftar sebagai pemilih.

“Kita juga perhatikan kepada pemilih yang belum melakukan perekaman, pemilih yang masuk formulir A-KPU berada jauh dari TPS nya, pemilih yang belum dicoklit hingga potensi pemilih ganda identik dalam formulir KPU.” Tambahnya.

Juwaini pun mengingatkan jajarannya agar saat bertugas, pengawas senantiasa wajib membawa Form A Pengawasan, menurutnya formulir ini merupakan indikator capaian kinerja pengawasan sekaligus sebagai alat kerja pengawasan guna merekam catatan penting serta temuan dugaan pelanggaran yang terjadi dalam tahapan.

Sementara dikesempatan yang sama Ketua Bawaslu Ponorogo, Muh.Syaifulloh mengatakan bahwa penyusunan daftar pemilih yang berkualitas menjadi salah satu kunci kesuksesan penyelenggaraan Pemilihan.

“Bawaslu bersama rakyat akan pastikan seluruh warga negara Indonesia yang telah mempunyai hak pilih terdaftar sebagai pemilih dan bisa menggunakan hak pilihnya pada Pilkada nanti.” Pungkasnya.

Ketua Bawaslu Ponorogo, Muh.Syaifulloh saat rakor daring bersama Panwascam, Senin (13/7).

Editor : Muchtar, Foto : Hendra.

2.421 Views