Pimpinan Bawaslu Ponorogo Terbukti Tak Bersalah Langgar Kode Etik

Ponorogo (ponorogo.bawaslu.go.id) Pimpinan Bawaslu Kabupaten Ponorogo Muh.Syaifulloh, Sulung Muna Rimbawan, Juwaini, Marji Nurcahyono dan Widi Cahyono terbukti tidak bersalah dalam perkara yang dilaporkan Sdr. Erni Biantari Ningsih atas dugaan pelanggaran kode etik penyelenggara pemilu Pilkada Kabupaten Ponorogo Tahun 2020.

Hal tersebut terungkap dalam Sidang Putusan pelanggaran kode etik yang digelar oleh Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) RI, pada Rabu (31/3/2021) sekira pukul 09.30 WIB.

Dalam sidang yang dihadiri oleh Pimpinan DKPP, Alfitra Salam, Ida Budhiati, Didik Supriyanto dan Teguh Prasetyo itu, Pimpinan Bawaslu Kabupaten Ponorogo dinyatakan tidak terbukti melakukan pelanggaran kode etik berupa tidak menindaklanjuti 10 laporan dugaan pelanggaran pemilihan, seperti yang disangkakan oleh pengadu.

“Berdasarkan fakta, DKPP menilai teradu telah bekerja secara professional dan akuntabel dalam menangani laporan aquo dengan memedomani kepatuhan peraturan perundang-undangan yang berlaku” Ungkap Ida Budhiati membacakan putusan sidang.

Tindakan Teradu mengundang Saksi tambahan dalam forum klarifikasi juga menunjukkan upaya sungguh-sungguh untuk mencari kebenaran, dengan demikian dalil Pengadu tidak terbukti dan jawaban para Teradu meyakinkan DKPP.

“Memutuskan satu, menolak pengaduan Pengadu untuk seluruhnya, dua merahabilitasi nama baik Teradu 1 Muh.Syaifulloh selaku ketua merangkap anggota Bawaslu Kabupaten Ponorogo, Teradu 2 Sulung Muna Rimbawan, Teradu 3 Juwaini, Teradu 4 Marji Nurcahyono dan Teradu 5 Widi Cahyono masing-masing selaku anggota Bawaslu Kabupaten Ponorogo.” Jelas Ketua Sidang Alfitra Salam.

Sidang Putusan pelanggaran kode etik yang digelar oleh Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) RI tersebut diikuti secara daring oleh Pimpinan Bawaslu Kabupaten Ponorogo di Kantor Bawaslu Ponorogo.

Sidang Putusan Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) RI, pada Rabu (31/3/2021)

Editor : Muchtar, Foto : Hendra.

128 Views