Soal DPT, Afif: Harus ada Sinkronisasi Antar Penyelenggara dan Pemerintah

 Ponorogo (ponorogo.bawaslu.go.id) Anggota Bawaslu Mochammad Afifuddin menjelaskan, persoalan Daftar Pemilih Tetap (DPT) terus muncul di setiap pelaksanaan pesta demokrasi baik pemilihan umum (Pemilu) mapun pemilihan kepala daerah (Pilkada).  Maka perlu adanya sinkronisasi antar penyelenggara pemilu dan pemerintah.

“Persoalan DPT ini saya rasa selalu terjadi dan muncul kepermukaan setiap event pemilu maupun pilkada. Ke depan bagaimana caranya persoalan DPT ini tidak lagi terjadi,” sambung Afif saat kunjungan kerja ke provinsi Nusa Tenggara Barat dalam rangka evaluasi hasil pelaksanaan dan pengawasan Pilkada Tahun 2020,  Senin (12/04/2021).

Oleh karenanya, Afif memandang penting bagi jajaran pemerintah dan penyelenggara Pemilu untuk melakukan sinkronisasi data kependudukan yang ada. Hal tersebut untuk menghindari adanya pemilih yang terdaftar di dua tempat maupun kerancuan data pemilih dan pencalonan di masa mendatang.

“Harus ada sinkronisasi antar penyelenggara pemilu dan pihak pemerintah terkait DPT supaya ke depan tidak ada lagi kerancuan soal DPT,” pungkas Afif.

Sumber : Laman Bawaslu RI.

66 Views