Lompat ke isi utama

Berita

Perkuat Kelembagaan Panwascam, Bawaslu Ponorogo Gelar Rakor Ketatausahaan dan Arsip

Ponorogo (ponorogo.bawaslu.go.id) Sebagai ciri lembaga yang kuat salah satu hal yang wajib diperhatikan oleh setiap lembaga adalah tata kelola administrasi dan kearsipan, demikianlah ungkapan Anggota Bawaslu Ponorogo, Widi Cahyono saat membuka rapat koordinasi penggelolaan ketatausahaan dan kearsipan bagi Bawaslu dan Panwascam se-Ponorogo, bertempat di Pendopo Kecamatan Ngebel, Rabu (11/10/2023).

Dalam acara yang dihadiri Ketua Panwascam beserta staf sekretariat tersebut Widi menekankan pentingnya penggelolaan naskah kelembagaan dengan baik, menurutnya lembaga Pengawas Pemilu sebagai lembaga negara wajib mengelola dan menyimpan hasil dokumentasi kinerja sesuai ketentuan yang diatur di Bawaslu.

“Harapannya dengan dokumentasi yang terkelola dengan baik, hasil-hasil kinerja kita sebagai pengawal demokrasi dapat terbaca bukan hanya untuk hari ini tapi juga dimasa yang akan datang.” Ungkap Widi.

Senada disampaikan Jenny Susanto, Kordiv Hukum Bawaslu Ponorogo terdapat dasar hukum yang kuat tentang pentingnya pengelolaan arsip kinerja lembaga negara, misalnya UU Nomor 43 Tahun 2009 tentang Kearsipan dan terkhusus Bawaslu juga diatur dalam Perbawaslu nomor 11 tahun 2020 tentang klasifikasi arsip.

Kemudian dalam Pasal 105 UU nomor 7 tahun 2017 Tentang Pemilihan Umum, salah satu tugas Panwaslu Kecamatan yakni mengelola, memelihara, dan merawat arsip sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan; serta menyerahkan arsip tersebut kepada Bawaslu Kab/kota setelah habis masa kerja adhocnya.

“Ini penting untuk kita fahami, diperlukan kerjasama antar pimpinan Panwascam dan sekretariat untuk menjalankan tugas-tugas seperti ini.” Terangnya.

Sebagai informasi, dalam acara rapat koordinasi penggelolaan ketatausahaan dan kearsipan bagi Bawaslu dan Panwascam se-Ponorogo ini menghadirkan narasumber Artian Pramika dan Erwin Syahroni dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Ponorogo serta Marji Nurcahyono selaku penggiat Pemilu di Ponorogo.

Turut hadir dalam acara Pimpinan Bawaslu Ponorogo, Bahrun Mustofa dan Miftachul Asror serta Koordinator Sekretariat, Jaka Wardaya. (Humas).

Tag
Berita