Lompat ke isi utama

Berita

Rawan Pelanggaran Pemilu, Bawaslu Ponorogo Awasi Bantuan Pemerintah Dimanfaatkan Untuk Kampanye

Ponorogo (ponorogo.bawaslu go.id) Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Ponorogo terus melakukan pemetaan dan pengawasan pada kegiatan yang berpotensi rawan terjadi pelanggaran pada Pemilu serentak tahun 2024.

Dijelaskan oleh Anggota Bawaslu Ponorogo, Miftachul Asror pengawasan dilakukan oleh Bawaslu untuk menjaga kondusiftas menjelang Pemilu 2024 serta memastikan proses tahapan berjalan dengan baik tanpa ada tindakan melawan hukum yang bisa menciderai demokrasi.

Pengawasan tersebut termasuk saat berlangsungnya program penyaluran bantuan sosial Cadangan Pangan Pemerintah (CPP) yang saat ini dilakukan bertahap di seluruh Desa se-Ponorogo. Dimana pada program CPP itu Bulog menyalurkan bantuan pangan pada masing-masing Pemerintah Daerah untuk dibagikan pada warga tidak mampu dengan besaran 10 Kg beras per kepala keluarga.

“Ada dua hal yang kami lakukan, pertama upaya pencegahan baik melalui surat dan lisan serta pengawasan secara langsung dengan melibatkan jajaran pengawas di tingkat Kelurahan/Desa serta Kecamatan.” Ungkap Asror di Kantor Bawaslu Ponorogo, Jumat (6/10/2023).

Fokus pengawasan jajaran Bawaslu yakni pada proses penyaluran bantuan serta memastikan tidak ada pihak  yang menumpang pada program pemerintah untuk kepentingan tertentu pada Pemilu Serentak 2024.

“Kita awasi dulu, kemudian hasilnya kita kaji, apakah terdapat peristiwa hukum terkait pelanggaran Pemilu di dalamnya atau tidak.” Jelas Asror.

Sementara Ketua Bawaslu Ponorogo, Bahrun Mustofa menjelaskan meskipun saat ini belum ada penetapan terhadap Daftar Calon Tetap (DCT) Anggota legislatif, ia mengimbau pada setiap calon peserta pemilu agar bisa menahan diri untuk tidak melakukan kegiatan-kegiatan yang dilarang sebelum memasuki tahapan kampanye.

“Kita mengajak kepada seluruh peserta Pemilu untuk bersama-sama menjaga kondusifitas Pemilu, dengan mentaati jadwal tahapan serta tidak melakukan hal-hal yang dilarang sebelum maupun saat tahapan kampanye nanti.” Pungkasnya. (Humas).

Tag
Berita