Lompat ke isi utama

Berita

Tingkatkan Sinergitas, Bawaslu Koordinasi dengan Bakesbangpol Ponorogo Bahas Kesiapan Pemilu 2024

Ponorogo (ponorogo.bawaslu.go.id) Jajaran pimpinan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Ponorogo melakukan kunjungan kerja di Kantor Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Ponorogo, Rabu (11/10/2023). Kunjungan diterima oleh kepala Bakesbangpol Kabupaten Ponorogo Suko Kartono beserta jajaran.

Ketua Bawaslu Kabupaten Ponorogo, Bahrun Mustofa manyampaikan tujuan dari kedatangannya beserta jajaran untuk bersilaturahmi sekaligus koordinasi terkait persiapan pengawasan menjelang Pemilihan Umum serentak tahun 2024.

“Bawaslu Ponorogo terus berusaha membangun konektivitas dan sinergisitas pengawasan dengan stakeholder terkait, harapannya untuk kesuksesan Pemilu serta pencegahan terhadap potensi pelanggaran.” Ungkap Bahrun.

Salah satu kerawanan yang terjadi yakni pelanggaran netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN), masih kerap kali terjadi dalam setiap gelaran Pemilu maupun saat tahapan Pemilihan Kepala Daerah. "Pelanggaran netralitas ASN ini rawan terjadi saat pemilu atau pilkada dilangsungkan," Jelasnya.

Berbagai aturan, kata Bahrun secara jelas telah melarang keterlibatan ASN dalam politik praktis seperti yang tercantum dalam Peraturan Pemerintah Nomor 42 Tahun 2004 tentang Pembinaan Jiwa Korps dan Kode Etik Pegawai Negeri Sipil. “Salah satunya PNS dilarang mengunggah foto atau menanggapi like, comment, share di media sosial itu masuk pelanggaran netralitas. Ini perlu kita sosialisasikan bersama secara masif." Terangnya.

Selain itu Bahrun juga berharap kedepan terdapat program yang dapat dikolaborasikan bersama antara Bawaslu dan Bakesbangpol untuk membangun konsep berfikir masyarakat dalam membangun demokrasi. “Pemilu mendatang perlu bersama kita persiapkan secara matang, maka perlu adanya kerjasama dan kolaborasi antar berbagai lembaga untuk memberikan pendidikan politik.” Ungkapnya.

Sementara kepala Bakesbangpol Kabupaten Ponorogo Suko Kartono mengaku pihaknya mengucapkan terima kasih atas kunjungan kerja yang dilakukan Bawaslu, Bakesbangpol menurutnya juga siap berkolaborasi untuk mensukseskan penyelenggaraan Pemilu 2024 di Kabupaten Ponorogo.

Sebagai informasi turut hadir dalam kunjungan koordinasi di Kantor kepala Bakesbangpol Kabupaten Ponorogo, Anggota Bawaslu Miftachul Asror beserta jajaran staf sekretariat. (Humas).

Tag
Berita