Lompat ke isi utama

Berita

Bawaslu Ponorogo Membuka Pendaftaran Anggota Panitia Pengawas Kecamatan Pilkada 2024 untuk Pendaftar Baru

ketuaaa

Penerimaan Pendaftar Baru Calon Anggota Panwascam untuk Pemilihan Serentak Tahun 2024 Kabupaten Ponorogo

Bawaslu Kabupaten Ponorogo melakukan rekrutmen kembali anggota Pengawas Pemilihan Kecamatan (Panwascam) pada Pemilihan Serentak (Pilkada, red) Kabupaten Ponorogo Tahun 2024. Pembentukan panwascam ini berdasarkan Keputusan Ketua Bawaslu Republik Indonesia Nomor 4224.1.1/HK.01.01/K1/04/2024 Tentang Pedoman Pelaksanaan Pembentukan Panwaslu Kecamatan Untuk Pemilihan Tahun 2024. Keputusan Ketua Bawaslu tersebut menyatakan bahwa proses bentukan panwascam dibagi kedalam 2 metode, yaitu rekrutmen dari Panwascam Existing dan rekrutmen pendaftar baru.

Ketua Bawaslu Kabupaten Ponorogo menjelaskan dalam perekrutan anggota Panwascam untuk Pilkada 2024 ini, ada dua metode yang dilakukan sesuai petunjuk teknis Bawaslu RI.

“Metode Pertama yang telah kita laksanakan bersama yaitu evaluasi kinerja Panwaslu Kecamatan Existing bagi Anggota Panwaslu Pemilu. Metode berikutnya yaitu Pendaftar Baru untuk membuka perekrutan anggota Panwascam yang baru, artinya jika ada Panwascam existing yang tidak memenuhi syarat,” ujar Bahrun Mustofa.

daftarrrr

Selanjutnya, Bahrun menegaskan bahwa "Berdasarkan hasil evaluasi kinerja seluruh anggota Panwascam existing di 21 Kecamatan ada yang memenuhi syarat dan ada yang tidak memenuhi syarat serta ada yang tidak mendaftarkan diri lagi" pungkasnya. 

Sehingga, Bawaslu Ponorogo membuka pendaftaran untuk Calon Anggota Panwaslu Kecamatan ketegori Pendaftar Baru yang tersebar di 15 Kecamatan.

Sebagai informasi, Penerimaan pendaftaran hanya dibuka selama 3 hari dan sebelumnya Bawaslu Ponorogo telah melakukan tahapan sosialisasi bahwa akan terdapat perekrutan Panwascam Pendaftar Baru untuk Pilkada Tahun 2024 di media massa dan media sosial.

Lebih Lanjut, Bahrun menyampaikan bahwa Jadwal Pengumuman Pendaftaran telah diumumkan melalui mulai dari tanggal 03 Mei 2024 sampai dengan tanggal 04 Mei 2024. Selanjutnya untuk jadwal Penerimaan Berkas Pendaftaran bagi Calon Anggota Panwascam Pendaftar Baru dibuka mulai dari tanggal 05 Mei 2024 sampai dengan tanggal 07 Mei 2024. Pendaftaran dapat dilakukan secara langsung (offline) di Kantor Bawaslu Kabupaten Ponorogo, Jalan Halim Perdana Kusuma Nomor 12 Ponorogo ataupun melalui online dengan mengirimkan berkas ke email adhocpilkadaponorogo2024@gmail.com dengan format file PDF serta dapat dikirim melalui Pos Kilat ke alamat Sekretariat Bawaslu Kabupaten Ponorogo, Jalan Halim Perdana Kusuma Nomor 12 Ponorogo.

“Diinformasikan bagi Calon Anggota Panwascam Pendaftar Baru untuk Pemilihan Serentak Tahun 2024 Kabupaten Ponorogo yang ingin mendaftarkan diri dapat mengunduh Surat Lamaran dan Surat Pernyataan melalui Link maupun scan QR Code yang tercantum di Media Sosial dan Website resmi Bawaslu Ponorogo atau datang langsung ke Kantor Bawaslu Ponorogo di Jalan Halim Perdana Kusuma Nomor 12 Ponorogo mulai Pukul 09.00 wib s.d Pukul 17.00 WIB dan khusus untuk pendaftaran hari terakhir kami buka sampai pukul 23.59 WIB.,” Pungkas Bahrun.

Humas Bawaslu Ponorogo