Lompat ke isi utama

Berita

Hadiri Apel Gelar Pasukan Operasi Mantap Brata 2023-2024, Bawaslu Ponorogo Apresiasi Kesiapan Pengamanan Pemilu

Ponorogo (ponorogo.bawaslu.go.id) Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Ponorogo, Bahrun Mustofa menghadiri secara langsung giat Apel Gelar Pasukan Operasi Mantap Brata 2023-2024 yang digelar oleh Polres Ponorogo dalam rangka Pengamanan Pemilu Serentak Tahun 2024, bertempat di alun-alun Ponorogo, pada hari Selasa (17/10/2023).

Apel dipimpin langsung oleh Kapolres Ponorogo, AKBP Wimboko, S.I.K, M.Si. yang melibatkan lebih dari 200 personel gabungan yang terdiri dari TNI, Polri, Satpol PP, Damkar, Dinas Perhubungan dan Instansi terkait lainnya.

AKBP Wimboko, S.I.K, M.Si.  saat membacakan amanat Kapolri, menyampaikan bahwa Apel Gelar Pasukan Operasi Mantap Brata ini dilaksanakan secara serentak di seluruh Kepolisian Daerah (Polda) di Indonesia, dalam rangka untuk melakukan Pengecekan terhadap Kesiapan Pengamanan Tahapan Pemilihan Umum (Pemilu) pada tahun 2023-2024.

Seluruh komponen bangsa tentunya harus berpartisipasi penuh guna menyukseskan Pemilu 2024. Pemilu 2024 memiliki kompleksitas tersendiri karena dilaksanakan secara serentak dengan rentang waktu yang berdekatan, wilayah yang luas, geografis yang beragam, serta melibatkan jumlah pemilih yang besar.

Oleh sebab itu, guna mengamankan Pemilu 2024 maka Polri didukung TNI, Kementerian dan Lembaga, Instansi terkait dan Mitra Kamtibmas lainnya menggelar ‘Operasi Mantap Brata Tahun 2023-2024’. Operasi ini dilaksanakan mulai tanggal 19 Oktober 2023 hingga 20 Oktober 2024 atau selama 222 hari dan melibatkan 261.695 personel di seluruh lndonesia guna mengamankan rangkaian tahapan Pemilu.

Sebagai dukungan terhadap Operasi Mantap Brata 2023-2024, Polri juga menggelar Operasi Nusantara Cooling System 2023-2024 untuk membangun narasi besar ‘Persatuan dan Kesatuan, serta Kemajuan Bangsa Diatas Kepentingan Kelompok’ guna mengantisipasi polarisasi akibat berita hoaks, isu sara, propaganda firehose of falsehood dan black campaign yang dilengkapi dengan satgas anti money politics serta satgas Pemilu damai.

Operasi Mantap Brata 2023-2024 tentunya diiringi dengan penguatan strategi komunikasi publik untuk memberikan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat. Hal tersebut dilakukan agar masyarakat senantiasa menjaga persatuan dan kesatuan bangsa, ikut berpartisipasi dalam menjaga stabilitas Kamtibmas pada Pemilu 2024, serta agar masyarakat mengetahui berbagai upaya pengamanan yang telah di lakukan.

Ketua Bawaslu Ponorogo, M.Bahrun Mustofa sangat mengapresiasi giat pengamanan oleh jajaran Polri untuk mensukseskan Pemilu serentak tahun 2024, menurutnya sinergitas jajaran Polri, TNI, penyelenggara Pemilu serta instansi terkait ini penting untuk menunjang kesuksesan Pemilu dan Pilkada mendatang. (Humas).

Tag
Uncategorized