Lompat ke isi utama

Berita

Hadiri Rakor Evaluasi Pemberitaan Se Jawa Timur, Bawaslu Ponorogo Berkomitmen Tingkatkan Kualitas

rakor

Rapat Koordinasi Evaluasi Pemberitaan Bawaslu Kabupaten/Kota Se-Jawa Timur berlangsung di Bawaslu Kabupaten Sumenep (29 s.d 30 April 2024)

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Ponorogo menghadiri giat Rapat Koordinasi (Rakor) yang bertujuan untuk mengevaluasi pemberitaan tahapan pemungutan dan penghitungan suara di Jawa Timur. Kegiatan evaluasi tersebut yang berlangsung di kantor Bawaslu Kabupaten Sumenep pada tanggal 29-30 April 2024 tersebut dihadiri secara langsung oleh Ketua Bawaslu Jawa Timur, Bapak A. Warits, serta berbagai peserta yang terdiri dari Koordinator Divisi (Kordiv) dan staf Humas Bawaslu kabupaten/kota se-Jawa Timur.

Bawaslu sebagai bagian dari lembaga penyelenggara Pemilu merasa berkepentingan untuk mendesiminasikan hasil pengawasan terhadap penyelenggaraan pengawasan pemilu kepada masayarakat secara luas. Giat Rakor ini merupakan bagian dari upaya Bawaslu untuk mengevaluasi berbagai pemberitaan media massa terkait dengan tahapan-tahapan pemilu yang telah berlangsung di Jawa Timur. 

Dalam sambutannya, bapak A. Warits menegaskan bahwa “Humas harus mampu menganalisa setiap informasi tentang Bawaslu. Apa persepsi orang tentang Bawaslu. Kemudian melakukan kontra narasi dan strategi yang tepat dalam mempengaruhi publik bahwa keberadaan Bawaslu sangat penting dalam mengawasi pemilu,” Tegasnya kepada seluruh peserta rapat.

Kordinator Divisi Pencegahan, Partisipasi Masyarakat dan Humas Bawaslu Kabupaten Ponorogo, Miftachul Asror, S. Th. I, juga menyampaikan akan meningkatkan kualitas pemberitaan sebagai bentuk tindaklanjut dari kegiatan ini. "Kami berkomitmen untuk meningkatkan kualitas pemberitaan di Bawaslu Ponorogo dan akan selalu mengupdate berita tentang kegiatan yang dilakukan dalam Pengawasan Pemilu," Pungkasnya.

Rangkaian kegiatan rakor tersebut dilanjutkan dengan review komprehensif pemberitaan Bawaslu Kabupaten/Kota Se jawa Timur, penyusunan kalender konten dan penyusunan Rencana Tindak Lanjut (RTL) kehumasan untuk Bawaslu Kabupaten/Kota Se-Jawa Timur. Kedepannya, Bawaslu Jawa Timur akan melaksanakan monitoring dan evaluasi secara komprehensif kepada seluruh media sosial Bawaslu Kabupaten/Kota.

Humas Bawaslu Ponorogo