Lompat ke isi utama

Berita

Jelang Pelantikan PTPS, Bawaslu Ponorogo Gelar Rakor dengan Panwascam

Rapat_PTPS_1

Rapat Evaluasi dan Persiapan Pelantikan Pengawas TPS Panwaslu Kecamatan Se Kabupaten Ponorogo pada Pemilihan Umum Tahun 2024

"Setelah dilantik nanti, PTPS akan memikul tugas dan tanggung jawab yang besar meliputi melakukan persiapan pemungutan suara, mengawasi pemungutan suara dan menerima hasil pemungutan suara" Tegas Jakawardaya, Koordinator Sekretariat Bawaslu Kabupaten Ponorogo dalam membuka kegiatan Rapat Koordinasi dan Evaluasi Persiapan Pelantikan Pengawas TPS Panwaslu Kecamatan Se-Kabupaten Ponorogo Pada Pemilihan Umum Tahun 2024 yang berlangsung di Aula Kantor Bawaslu Kabupaten Ponorogo pada tanggal 19 Januari 2024. 

M. Bahrun Mustofa, Ketua Bawaslu Kabupaten Ponorogo menegaskan bahwa PTPS memegang peran krusial sebagai garda terdepan di TPS yang mengawasi jalanya pelaksanaan pemilu, khususnya pada tahapan pemungutan dan penghitungan suara (tungsura) pada tanggal 14 Februari 2024 mendatang sebagai inti dari pelaksaanan pemilu. "Dalam setiap proses demokrasi, pengawasan merupakan fondasi utama dalam menjamin keabsahan dan kepercayaan masyarakat terhadap hasil pemilihan" Tegas Bahrun.

WidiCahyono

Senada dengan hal tersebut, Kordinator Divisi SDMO dan DIKLAT Bawaslu Kabupaten Ponorogo, Widi Cahyono menyampaikan bahwa Pengawas TPS mengemban tugas mulia. "Pengawas Tempat Pemungutan Suara memiliki peran tugas yang mulia yakni menjadikan pemilu yang demokrasi dengan mengawal surat suara di tingkat TPS", pungkasnya.

Selain itu Widi juga menyampaikan pemaparan terkait hal-hal yang harus disiapkan terkait persiapan pelantikan PTPS mendatang oleh seluruh jajaran Panwascam sehingga dapat berjalan sesuai dengan tahapan Pemilu.

Sebagai informasi, dalam kegiatan rapat tersebut dihadiri oleh Panwaslu Kecamatan, Kepala Sekretariat, dan staf sekretariat Panwaslu Kecamatan dengan fokus pada persiapan PTPS yang unggul, serta diharapkan Pemilu 2024 dapat berjalan dengan jujur, adil dan berkepastian hukum.
 

Rapat

Penulis : Humas Bawaslu Ponorogo