Lompat ke isi utama

Berita

Ketua Bawaslu Ponorogo Harap Mahasiswa Jadi Duta Pengawas Pemilu

MoA

Ketua Bawaslu Kabupaten Ponorogo hadiri Kegiatan Penutupan dan Penandatanganan MoA Praktikum Kelembagaan dengan Universitas Muhammadiyah Ponorogo (10/01/2024) bertempat di Ruang Pertemuan Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

Bahrun mengapresiasi serta mengucapkan terima kasih kepada mahasiswa magang Universitas Muhammadiyah Ponorogo Program Studi Ilmu Pemerintahan yang telah menyelesaikan praktik magang di Bawaslu Kabupaten Ponorogo periode bulan November 2023 s.d Januari 2024.

Bawaslu Kabupaten Ponorogo dalam pelaksanaan magang oleh mahasiswa tersebut telah memberikan pengetahuan mengenai pengawasan pemilu dan demokrasi. “Mahasiswa ini telah menjalankan aktivitas Magangnya dengan baik. Kami berharap, pengalaman selama tiga bulan lebih di Bawaslu Kabupaten Ponorogo dapat bermanfaat bagi mahasiswa dimasa mendatang,” ujar Bahrun dalam kegiatan Penutupan dan Penandatanganan MoA Praktikum Kelembagaan dengan Universitas Muhammadiyah Ponorogo (10/01/2024) bertempat di Ruang Pertemuan Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

Dalam mengawasi seluruh tahapan penyelenggaraan Pemilu, Bawaslu tentu saja membutuhkan dukungan dan partisipasi masyarakat. Pengawasan partisipatif yang merupakan upaya Bawaslu untuk dapat membawa masyarakat menjadi mitra Bawaslu dalam melakukan pengawasan partisipatif. "Pengawasan partisipatif ini upaya Bawaslu untuk melibatkan sebanyak-banyaknya masyarakat dalam mengawasi penyelenggaraan pemilu. Jadi, yang biasanya masyarakat dijadikan obyek pengawasan melalui gerakan pengawasan partisipatif masyarakat dijadikan partner atau mitra Bawaslu untuk melakukan pengawasan," ujar Bahrun.

MoA_UMPO

"Harapannya, ada kepedulian dari mahasiswa dalam rangka partisipasi pengawasan Pemilu dan Pemilihan 2024 dan mahasiswa bisa menjadi duta Bawaslu di kampus dan masyarakat" pungkasnya.

Sebagai informasi, sebelumnya tiga mahasiswa dari Prodi Ilmu Pemerintahan Universitas Muhammadiyah Ponorogo melaksanakan praktikum selama 3 bulan di Bawaslu Ponorogo. 
Selama pelaksanaan praktikum, mahasiswa diajak mengenal kelembagaan Bawaslu, Tugas, Fungsi, Kewajiban serta mengikuti ritme kerja Bawaslu dalam menghadapi penyelenggaraan Pemilu tahun 2024. (Humas).