Lompat ke isi utama

Berita

Memasuki Hari Tenang, Bawaslu Ponorogo dan Tim Gabungan Tertibkan APK

masatenang

Bawaslu Kabupaten Ponorogo Gelar Apel Bersama Penertiban APK Masa Tenang

Memasuki hari tenang Pemilu, Bawaslu Kabupaten Ponorogo, bersama tim gabungan dari jajaran Polri, Dishub Ponorogo dan Satpol-PP melakukan penyisiran guna menertibkan Alat Peraga Kampanye (APK) di berbagai titik dan ruas jalan di wilayah Kabupaten Ponorogo. Penyisiran dan Penertiban dimulai pada pagi dini hari (11/02/2024) pukul 00.00 WIB sebagai titik awal hari masa tenang dimulai. 

Sebelum penertiban, Bawaslu Kabupaten Ponorogo menyelenggarakan giat Apel Bersama yang dilakukan didepan Kantor Bawaslu Kabupaten Ponorogo. Dalam penertiban APK, Bawaslu melibatkan seluruh internal Bawaslu termasuk Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam).

ptbbb

Ketua Bawaslu Ponorogo, M Bahrun Mustofa, menjelaskan bahwa Bawaslu telah memberitahukan kepada para peserta pemilu untuk menertibkan secara mandiri APK yang dipasang sebelum masa tenang. Sehingga ketika memasuki masa tenang dan belum dibersihkan, akan dilakukan penertiban. "Memasuki masa tenang ini kita lakukan patroli dan menertibkan APK yang masih terpasang. Ini sesuai aturan, karena semua peserta Pemilu tidak bisa lagi melakukan kampanye di masa tenang," Tegas Bahrun kepada seluruh peserta Apel

"Kami juga telah berkoordinasi dengan Panwaslu seluruh kecamatan untuk melakukan penertiban dan penertiban ini dilakukan serentak di seluruh wilayah Kabupaten Ponorogo karena telah memasuki masa tenang". Imbuh Bahrun.

ptb

Senada dengan hal tersebut, Sulung Muna Rimbawan selaku Koordinator Divisi Penanganan Pelanggaran dan Data Informasi menyampaikan bahwa "Setiap APK dan atribut partai politik maupun bahan kampanye di masa tenang ditertibkan karena menjelang hari dan tanggal pemungutan suara, maka segala bentuk apapun itu sudah tidak dibolehkan lagi," Tegasnya.

Sebagai informasi masa tenang pemilu berlangsung mulai tanggal 11 hingga 13 Februari 2024. Selama masa tenang aktivitas kampanye sudah tidak lagi diperbolehkan dalam bentuk apapun.  Bawaslu Kabupaten Ponorogo mengajak kepada seluruh elemen masyarakat untuk bersama-sama melakukan pengawasan terhadap seluruh tahapan pemilu 2024. "Kami mengajak masyarakat untuk bersama-sama menjaga suasana kondusif menjelang Pemilu 2024. Mari kita gunakan hak pilih kita dengan bijak dan damai," pungkas Bahrun.

Humas Bawaslu Ponorogo