Lompat ke isi utama

Berita

Perkuat Pengawasan Partisipatif, Bawaslu Ponorogo Gandeng Organisasi Masyarakat dan Pemuda

Ponorogo (ponorogo.bawaslu.go.id) Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Ponorogo mengandeng sejumlah 30 organsasi masyarakat dan kepemudaan dalam rangka melakukan koordinasi dalam pengawasan Pemilu serentak tahun 2024, di Hall Hotel Maesa, Kamis (26/10/2023).

Anggota Bawaslu Kabupaten Ponorogo, Miftachul Asror menyampaikan bahwa pentingnya kolaborasi dan kerja sama antar penyelenggara Pemilu, peserta Pemilu serta masyarakat ini dalam menyongsong Pemilu 2024.

Organisasi masyarakat (ormas) sebagai bagian dari simpul masyarakat memiliki peran yang sangat penting dalam meningkatkan partisipasi dalam mewujudkan proses Pemilu yang berintegritas, jujur, adil serta berperan memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa walaupun ditengah perbedaan pilihan.

“Pemilu merupakan momen penting dalam demokrasi, yang akan menentukan pilihan rakyat dalam menentukan wakil-wakilnya, oleh karena itu, partisipasi aktif setiap individu maupun kelompok dalam masyarakat sangat penting dalam mensukseskan Pemilu mendatang.” Ungkap Asror.

Asror memaparkan terdapat 2 bentuk partisipasi masyarakat dalam Pemilu, pertama sebagai pemilih, yakni menggunakan hak pilihnya di TPS saat hari pemungutan suara. Kedua terlibat dalam memastikan proses tahapan Pemilu berjalan sesuai aturan melalui gerakan pengawasan partisipastif ataupun pemantau Pemilu serta melaporkan dugaan pelanggaran ke jajaran Bawaslu.

“Untuk itu kami mengajak seluruh elemen masyarakat di Kabupaten Ponorogo untuk ikut mengawasi jalannya Pemilu 2024 agar Pemilu di Reyog ini khususnya menjadi Pemilu yang damai dan menggembirakan.” Katanya.

Sebagai informasi turut hadir dalam acara Sosialisasi Pengawasan Partisipatif Pemilu 2024 ini, Ketua Bawaslu Kabupaten Ponorogo M.Bahrun Mustofa serta menghadirkan narasumber, Juwaini selaku jurnalis dan penggiat Pemilu serta Dr.Iswahyudi akademisi IAIN Ponorogo. (Humas).

Tag
Berita